Perbedaan Puasa dan Shaum yang Sesungguhnya

Sebelumnya Anda perlu memahami bahwa bahasa selalu mengalami perkembangan. Bahasa juga bisa saling melebur satu sama lain. Begitu pula pada kata puasa yang merupakan hasil serapan dari bahasa sansekerta yaitu upawasa. Namun bukan berarti kata puasa mempunyai makna yang sama dengan kata upawasa. Kata puasa memiliki arti yang umum yakni menahan diri dari segala yang membatalkan puasa. Sedangkan kata upawasa dan kata shaum memiliki makna khusus.
Upawasa adalah puasanya umat hindu. Contohnya antara lain puasa siwaratri, puasa nyepi, puasa tilem, puasa veda smrti, dan sebagainya. Sedangkan shaum merupakan puasanya umat islam. Misalnya yaitu puasa ramadhan, puasa senin kamis, pusa asyura, puasa arafah, dan lain-lain. Anda harus bisa memahami pernyataan ini dengan baik terlebih dahulu sebelum dapat membedakan antara kata puasa dan kata shaum sehingga tidak menimbulkan salah persepsi nantinya.
perbedaan-puasa-dan-shaum.jpg
Puasa
Kata puasa berasal dari bahasa sansekerta yaitu upa dan wasa. Upa bermakna dekat, dan wasa memiliki arti Maha Kuasa. Jadi upawasa berarti dekat dengan Sang Maha Kuasa. Umat hindu melakukan puasa sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Berdasarkan pengertian dari KBBI, kata puasa memiliki makna menghindari makan, minum, dan sebagainya dengan sengaja (terutama bertalian dengan keagamaan). Puasa adalah kata dalam bahasa indonesia yang dapat mewakili kata upawasa itu sendiri.
Shaum
Kata shaum berasal dari bahasa arab yaitu ash-shaum yang berarti menahan. Makna menahan di sini mempunyai pengertian yang sangat luas. Terutama yaitu menahan segala sesuatu yang dapat membatalkan dan mengurangi keutamaan ibadah ini. Shaum sebagai salah satu rukun islam memiliki arti menahan diri dari makan, minum, jima, dan perihal yang bisa membatalkan mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.
Perbedaan
Berikut ini perbedaan-perbedaan antara kata puasa, kata upawasa, dan kata shaum!
  1. Bahasa
Kata puasa merupakan bahasa indonesia. Kata upawasa termasuk bahasa sansekerta. Kata shaum adalah bahasa arab.
  1. Pengertian
Kata puasa berarti menghindari makan, minum, dan sebagainya dengan sengaja. Kata upawasa bermakna mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa. Kata shaum artinya menahan diri.
  1. Cakupan
Kata puasa memiliki makna umum. Sedangkan kata upawasa dan kata shaum memiliki makna khusus. Pada akhirnya, kata puasa bisa mewakili kata upawasa dan kata shaum dalam konteks bahasa indonesia.