5 Beda Cutting Sticker dan Printing Sticker

Anda mungkin pernah mendengar tentang mesin cutting sticker serta mesin printing sticker? Keduanya sama-sama dipakai untuk membuat sticker tetapi jenisnya berbeda. Sticker sendiri biasanya digunakan untuk menunjukkan eksistensi suatu label, komunitas, grup, dan lain-lain. Beberapa sticker juga dapat difungsikan untuk menghiasi suatu benda akan tampak semakin menarik. Anda mungkin salah satu penggemar sticker?
Ada dua jenis sticker menurut teknik pembuatannya yaitu cutting sticker dan printing sticker. Cutting sticker pada dasarnya dibuatnya menggunakan teknik memotong. Jadi bahan sticker dipotong sedemikian rupa sesuai desain yang telah ditentukan memakai mesin cutting khusus serta komputer sebagai media pembuatan desain. Sedangkan printing sticker dibuat dengan proses layaknya mencetak dokumen di kertas biasa.
cutting-sticker-printing-sticker.jpg
Berikut ini perbedaan-perbedaan antara cutting sticker dan printing sticker, antara lain :
  1. Desain
Desain yang akan dibuat menjadi cutting sticker wajib berupa gambar vector (garis). Selanjutnya mesin cutting akan memotong kertas sticker sesuai desain tersebut. Lain halnya dengan desain pada sticker printing. Semua format desain bisa dibuat menjadi sticker ini. Tetapi usahakan resolusi gambar pada desain tersebut tinggi supaya hasil cetakannya nanti gambar sticker tampak tajam.
  1. Harga
Rata-rata harga cutting sticker lebih mahal daripada printing sticker. Apalagi jika dalam proses pembuatannya masih menggunakan teknik manual, harga cutting sticker bisa lebih tinggi lagi. Hal ini biasanya dilakukan pada saat mengelupas bagian sticker yang tidak dibutuhkan. Proses tersebut membutuhkan kejelian dan ketelatenan. Sementara itu, harga printing sticker lebih murah karena tidak dibutuhkan proses lanjutan setelah sticker berhasil dicetak oleh mesin.
  1. Warna
Pembuatan cutting sticker terbatas pada warna-warni yang solid dan bukan gradasi. Namun Anda bisa menyiasati keterbatasan ini dengan teknik puzzle menggunakan software Corel Draw. Perlu proses merapikan warna terlebih dahulu sebelum sticker dicetak. Berbeda dengan printing sticker yang memiliki cakupan warna yang sangat luas. Tidak ada masalah dalam urusan warna. Semua warna dan gradasi bisa digunakan pada printing sticker.
  1. Ketahanan
Soal daya tahannya, cutting sticker jauh lebih unggul daripada printing sticker. Daya tahan cutting sticker di lingkungan outdoor rata-rata mencapai lebih dari 5 tahun. Ini dikarenakan cutting sticker tidak menggunakan tinta sebagai bahan pewarnanya. Tapi sticker ini sudah diberikan pigmen warna permanen sejak dari produksinya di pabrik. Sedangkan warna printing sticker biasanya sudah memudar setelah 1 tahun.
  1. Bentuk
Bentuk cutting sticker juga berbeda dari printing cutter sebab ada proses pemotongan. Cutting sticker termasuk jenis sticker dalam kategori counter cut. Artinya bentuk dari sticker ini menyesuaikan bentuk desain sticker itu sendiri. Hal ini membuat tampilan cutting sticker lebih fleksibel serta bisa diaplikasikan di berbagai media. Sementara itu, printing sticker mempunyai hasil akhir berupa lembaran berbentuk kotak, baik persegi maupun persegi panjang.