5 Perbedaan antara Panda dan Beruang

Dari segi rupa, panda memang terlihat menyerupai beruang. Namun dari segi perilaku dan kebiasaan, ada perbedaan-perbedaan yang mendasar. Hingga kini binatang yang telah berhasil dikelompokkan sebagai panda ada dua jenis. Pertama yaitu panda berwarna hitam putih dan berukuran besar dengan bobot mencapai lebih dari 100 kg. Sedangkan jenis yang kedua yakni panda berbulu merah kerat, ekornya tebal dan panjang, serta bertubuh kecil dengan bobot kurang dari 60 kg.
Panda jenis pertama memang terlihat mirip seperti beruang. Tetapi panda kedua kelihatan lebih mirip seperti rakun. Kedua jenis binatang ini dikelompokkan sebagai panda karena memiliki rancangan tubuh yang serupa dan kebiasaan makannya pun sama. Sedangkan panda jenis pertama yang terlihat menyerupai beruang justru tidak melakukan hibernasi dan tidak memakan daging layaknya beruang pada umumnya. Panda ini juga berlari dengan mengangkat kedua kaki yang bersilangan secara bergantian.
perbedaan-panda-dan-beruang.jpg
Tetapi kebanyakan ilmuwan tetap bersikukuh menganggap bahwa panda merupakan salah satu jenis dari beruang. Panda adalah beruang khas yang hidup di pegunungan di Dataran China, Nepal, dan Tibet. Permasalahan tentang mengapa bentuk kedua jenis panda berbeda disebabkan oleh beruang dan rakun yang mempunyai leluhur yang sama. Perbedaan muncul setelah rakun dan panda merah berevolusi ke arah yang satu, sementara para beruang dan panda raksasa berevolusi ke arah yang lain.
Panda raksasa yaitu panda jenis pertama hidup di kawasan hutan yang lebat pada ketinggian 1500-3000 m di atas permukaan laut, khususnya di lereng pegunungan. Panda ini biasanya memakan bambu yang tumbuh secara merumpun di sekitar pepohonan. Dalam satu hari, panda raksasa ini akan memakan lebih dari 15 kg daun bambu dan tangkainya serta 40 kg tunas bambu. Bisa dibilang sebagian besar waktu yang dimiliki oleh panda raksasa ini dihabiskannya untuk mencari makanan.
perbedaan-beruang-dan-panda.jpg
Sementara itu, panda merah yaitu panda jenis kedua juga hidup di Asia. Panda ini biasanya hidup di kaki perbukitan Pegunungan Himalaya. Sama seperti panda raksasa, panda merah ini juga memakan bambu. Tapi panda merah juga mengonsumsi buah-buahan, kacang-kacangan, dan serangga kecil. Sebagai binatang mamalia, panda berkembang biak melalui proses melahirkan. Bayi panda yang baru lahir biasanya memiliki bobot sekitar 150 gram. Namun setelah 1 tahun kemudian, bobotnya bisa mencapai lebih dari 40 kg.
Jadi apa perbedaan antara panda dengan beruang?
  1. Ada panda yang memiliki bentuk tubuh menyerupai beruang yaitu panda raksasa. Tapi ada pula panda yang bentuk tubuhnya mirip seperti rakun yakni panda merah.
  2. Beruang adalah binatang karnivora yang memakan daging-dagingan. Sedangkan panda raksasa hanya memakan bambu. Lain halnya dengan panda merah yang memakan bambu, buah, kacang, dan serangga kecil.
  3. Panda berlari menggunakan dua kaki yang bersilangan secara bergantian. Hal ini berbeda dari beruang yang berlari dengan mengangkat keempat kakinya sekaligus.
  4. Panda bersuara dengan cara mengembik seperti kambing dan domba. Sementara itu, beruang mengeluarkan suara dengan meraung.
  5. Seperti kita ketahui, beruang melakukan hibernasi khususnya pada musim dingin. Namun untuk panda sendiri tidak melakukan hibernasi.

1 Response to "5 Perbedaan antara Panda dan Beruang"