5 Perbedaan Burung Lovebird Albino dan Pastel Putih

Perbedaan antara burung lovebird albino dan burung lovebird pastel putih tidak terlalu susah untuk diketahui. Hal ini dikarenakan ada ciri-ciri fisik khusus yang membedakan antara kedua jenis burung lovebird tersebut. Nah cukup dengan memperhatikan ciri-ciri ini, maka Anda telah bisa mengetahui apakah burung lovebird yang sedang diperiksa termasuk jenis albino atau pastel putih. Jadi Anda tidak perlu tertipu oleh oknum penjual yang nakal.
Harga pasaran burung lovebird albino jauh lebih mahal dibandingkan dengan burung lovebird pastel putih. Bahkan selisih harganya bisa mencapai lebih dari enam kali lipat. Rata-rata harga burung lovebird pastel putih adalah Rp 500 ribuan. Sedangkan harga burung lovebird albino biasanya dibanderol sampai Rp 1-3 jutaan tergantung warna matanya, hitam atau merah. Anda perlu mencermati perbedaan ini dengan baik.
lovebird-albino-pastel-putih.jpg
Adapun perbedaan-perbedaan antara burung lovebird albino dan burung lovebird pastel putih di antaranya :
  1. Paruh
Paruh merupakan organ yang dimiliki oleh bangsa burung untuk memakan makanan. Tidak seperti mulut, paruh mempunyai struktur yang lebih kuat. Burung memiliki paruh dengan warna yang berbeda-beda. Begitu pula warna paruh burung lovebird albino dan pastel putih yang tidak sama. Paruh lovebird albino berwarna putih kekuning-kuningan. Sementara paruh lovebird pastel putih warnanya putih pucat.
  1. Warna
Burung lovebird pastel putih dianggap mirip seperti lovebird albino karena sama-sama memiliki bulu berwarna putih di sekujur badannya. Namun jika diperhatikan dengan teliti, ternyata warna bulu pada lovebird pastel putih ini mempunyai karakteristik khas. Warna bulu lovebird pastel putih tidak semulus lovebird albino. Melainkan ada corak warna biru terutama pada bagian sayap dan punggungnya.
  1. Kaki
Albino sebenarnya terjadi karena pigmen warna tidak mampu bekerja dengan baik sehingga warna menjadi putih atau keputih-putihan. Burung lovebird albino memiliki tubuh yang berwarna putih, termasuk pada kedua kakinya. Kaki berwarna putih juga dimiliki oleh burung lovebird latino. Namun untuk lovebird pastel putih, warna kakinya masih sama seperti lovebird hijau yaitu hitam.
  1. Mata
Burung lovebird albino ada yang mempunyai mata berwarna hitam, ada pula yang matanya berwarna merah. Umumnya harga jual lovebird albino yang berwarna merah jauh lebih mahal dibandingkan dengan albino bermata hitam. Selisih harganya bahkan mencapai 3 kali lipat. Hal ini dikarenakan lovebird albino bermata merah dianggap lebih menarik. Sedangkan lovebird pastel putih semuanya memiliki mata berwarna hitam.
  1. Asal Usul
Burung lovebird albino hanya bisa terlahir dari sepasang burung lovebird indukan yang sama-sama berjenis albino. Hal ini tidak dapat ditolerir dengan menggantikan salah satu dari indukannya. Lain halnya dengan burung lovebird pastel putih yang berasal dari perkawinan silang antara lovebird albino dan lovebird pastel putih, atau lovebird albino dan lovebird biru.