Ini Dia Perbedaan Bunglon dan Iguana

Kalau ada pertanyaan apakah hewan yang bisa mengubah warna tubuhnya? Jawabannya tentu adalah bunglon dan iguana. Bunglon secara alami hidup di Indonesia. Anda dapat menemukan bunglon di kebun, ladang, taman, dan lain-lain. Intinya Anda bisa berburu bunglon sendiri jika mau. Sedangkan untuk iguana, Anda harus membelinya di toko binatang peliharaan. Iguana merupakan binatang endemik yang berasal dari Benua Amerika.
Bunglon sebenarnya berbeda dari iguana. Selain dari segi habitatnya, perbedaan tersebut juga mencakup karakteristik fisik dan perilakunya. Jadi Anda jangan sampai salah dalam menyebut bunglon atau iguana. Boleh dibilang kalau iguana ialah binatang yang mahal sebab Anda harus mengimpornya dari luar negeri kalau ingin memeliharanya. Tapi bukan berarti bunglon murah loh ya. Sebab bunglon juga ada yang harganya sangat mahal, apalagi kalau warnanya unik.
perbedaan-bunglon-dan-iguana.jpg
Bunglon
Berikut ini perbedaan-perbedaan antara bunglon dan iguana yaitu :
  1. Kemampuan Berubah Warna
Bunglon terkenal sekali dengan kemampuannya yang mampu mengubah warna tubuh atau biasa disebut mimikri. Hal ini biasanya dilakukan ketika bunglon merasa terancam. Dia akan mengubah warna tubuh menyerupai kondisi warna di sekelilingnya. Paling sering ialah perubahan warna dari cokelat ke hijau atau sebaliknya. Bunglon mampu mengubah warna tubuh dengan sangat cepat. Berbeda dengan iguana yang perubahan warnanya hanya terjadi seiring dengan pertambahan usia.
  1. Perbandingan Ukuran Tubuh
Iguana mempunyai ukuran tubuh rata-rata yang jauh lebih besar dan lebih panjang daripada bunglon. Bahkan iguana dewasa sanggup memiliki tubuh sepanjang 1-2 m. Anda tidak perlu heran karena ini sangat alamiah. Bandingkan dengan bunglon yang ukurannya jauh lebih kecil. Ukuran bunglon dewasa saja mungkin sepadan dengan bayi iguana. Ini juga yang menjadi pembedanya. Untuk mengingatnya, tidak salah jika Anda menyebut iguana adalah bunglon raksasa.
perbedaan-iguana-dan-bunglon.jpg
Iguana
  1. Gelambir di Bawah Mulut
Bunglon dan iguana sama-sama mempunyai gelambir (dewlap) di bawah mulutnya. Kedua reptil ini memiliki gelambir yang terkulai ke bawah. Gelambir tersebut berdaging tetapi tidak bertulang. Yang membedakan di sini adalah ukuran gelambir iguana jauh lebih besar daripada gelambir milik bunglon. Itulah kenapa, Anda bisa melihat gelambir iguana dengan sangat jelas. Berbeda dari gelambir bunglon yang harus diperhatikan secara teliti kalau Anda ingin melihatnya.
  1. Rupa dan Bentuk Wajah
Bunglon memiliki ukuran kepala yang lebih kecil daripada iguana. Hal ini wajar sebab ukuran tubuh secara keseluruhan iguana pun lebih besar dibandingkan dengan bunglon. Tapi hidung bunglon tampak lebih lancip, sedangkan hidung iguana terlihat tumpul. Kemudian dari segi lingkaran menyerupai telinga di rahang (subtympanic shield), milik iguana lebih besar ketimbang bunglon.
  1. Rupa Duri di Tubuh
Bunglon dan iguana sering dianggap mirip karena sama-sama mempunyai duri di tubuhnya. Bagian ini biasa disebut spike. Duri-duri tersebut menempel di sepanjang punggung iguana, mulai dari kepala sampai ke punggung bagian bawah. Sedangkan untuk bunglon, duri-duri spike ini hanya terlihat di bagian belakang kepala atau sekitar leher saja. Hal ini tentu jelas berbeda.