Perbedaan Utama Xiaomi Mi dan Xiaomi Redmi

Smartphone buatan Xiaomi memiliki keunggulan pada spesifikasinya yang gahar dengan harga jual yang lebih terjangkau. Hal inilah yang membuat Xiaomi mampu bersaing dengan Samsung dan Apple di kalangan pengguna telepon pintar. Secara garis besar terdapat dua variasi produk yang dimiliki oleh Xiaomi yaitu Mi dan Redmi. Kendati jelas berbeda, sayangnya masih banyak pengguna yang belum mengetahui perbedaan-perbedaannya.
Itulah alasannya kenapa pada kesempatan kali ini kami tertarik untuk membahas tentang perbedaan antara Xiaomi Mi dan Xiaomi Redmi. Banyaknya pengguna Xiaomi di Indonesia tak diimbangi dengan informasi yang mumpuni sehingga membuat kebanyakan orang merasa bingung sendiri. Penamaan produk dari pihak Xiaomi sedikit banyak turut pula mempengaruhi kebingungan kustomernya dalam mengenali perbedaan tersebut.
xiaomi-mi-dan-redmi.jpg
Berikut ini 3 perbedaan utama antara Xiaomi Mi dengan Xiaomi Redmi, yaitu :
Perbedaan 1 : Segmentasi yang Berbeda
Varian Redmi dari Xiaomi lebih diperuntukkan bagi pengguna smartphone di kelas menengah sampai entry-level. Hal ini terlihat dari spesifikasi produk Redmi yang umumnya menggunakan prosesor jenis quad-core atau octa-core kelas menengah. Berbanding terbalik dengan Xiaomi Mi yang dikhususkan untuk pengguna di kelas menengah ke atas. Seluruh smartphone varian Mi memakai prosesor tercanggih karena memang kelasnya high-end.
Perbedaan 2 : Spesifikasi yang Berbeda
Spesifikasi komponen yang ditanamkan pada Xiaomi Redmi juga berbeda dari Xiaomi Mi. Redmi biasanya dilengkapi prosesor kelas menengah dan RAM dengan kapasitas 1-2 GB. Rata-rata kualitas kameranya juga mentok sampai 8 MP, pengecualian untuk Redmi Note. Berbeda dengan Xiaomi Mi yang mempunyai prosesor tertinggi di kelas high-end yang ditunjang RAM sebesar 3-4 GB. Resolusi kameranya juga minimal 13 MP. Soal bahan, Redmi biasanya dibuat dari plastik sedangkan Mi dibuat dari paduan plastik dengan aluminium/stainless steel.
Perbedaan 3 : Harga yang Berbeda
Karena memiliki segmentasi pasar yang berbeda serta dilengkapi dengan komponen yang berbeda pula maka sudah wajar kalau Xiaomi membanderol Redmi dan Mi dengan harga yang tidak sama. Xiaomi Mi ditawarkan dengan harga yang lebih mahal daripada Xiaomi Redmi. Redmi adalah ponsel kelas menengah yang cukup terjangkau bahkan murah. Di Indonesia sendiri, kebanyakan orang lebih memilih untuk membeli Redmi ketimbang Mi.