3 Perbedaan Susu Kental Manis dan Susu Bubuk

Siapa nih yang doyan banget meminum susu? Selain karena rasanya yang lezat dan nikmat, susu pun kaya akan manfaat. Susu menyimpan nutrisi yang begitu banyak yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Protein, karbohidrat, kalsium, vitamin, mineral, dan lemak banyak terdapat di dalam segelas susu. Oleh sebab itu, terdapat istilah 4 sehat 5 sempurna yang mana susu akan menyempurnakan asupan gizi yang kita peroleh dari sajian hidangan.
Untungnya kita bisa membeli produk susu dengan mudah. Sudah banyak penjual produk susu di Indonesia. Sayangnya susu ini memiliki ketahanan yang tidak terlalu lama. Susu yang baru diperah harus segera diminum waktu itu juga. Kalau dibiarkan, susu ini mudah basi. Hal ini lalu mendorong para produsen susu untuk menciptakan produk baru yang dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama. Dua di antaranya yaitu susu kental manis dan susu bubuk.
susu-kental-manis-bubuk.jpg
Susu Kental Manis
Pembuatan susu kental dilakukan dengan menghilangkan sebagian kadar air yang terkandung di dalam susu melalui proses penguapan (evaporasi) hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu. Jadi bisa dipastikan kalau susu kental manis mengandung nilai gizi yang berbeda dari susu segar. Bahkan kandungan vitaminnya sangat rendah. Proses penguapan tersebut membuat banyak nutrisi yang ada di dalam susu kental manis menghilang.
Perlu diketahui, susu kental manis memang tidak ditujukan untuk pemenuhan gizi, melainkan sekadar campuran bahan makanan dan minuman. Susu kental manis mengandung gula dan lemak yang sangat tinggi. Hal ini membuatnya awet saat disimpan sebab di sini gula mampu mencegah tumbuhnya mikroba. Susu kental manis juga tidak dianjurkan untuk diberikan kepada bayi dan anak-anak karena banyak mengandung gula.
Susu Bubuk
Susu bubuk terbuat dari susu segar yang dikeringkan melalui proses tertentu menggunakan spray dryer atau roller dryer. Proses ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan daya tahan susu ketika disimpan. Faktanya adalah susuk bubuk yang disimpan dengan baik dan benar mampu bertahan hingga lebih dari 2 tahun. Beberapa varian susu bubuk juga sengaja diberi tambahan zat-zat lain seperti lemak dan protein untuk memperkaya gizinya
Namun sayangnya karena telah diolah melalui mekanisme yang sangat panjang, kandungan gizi di dalam susu bubuk lebih rendah daripada susu segar. Setidaknya susu segar harus melalui tahap evaporasi, tahap homogenisasi, dan tahap pengeringan supaya berubah wujud menjadi susu bubuk. Proses ini juga membuat rasa dan aroma susu bubuk banyak mengalami perubahan. Inilah mengapa produsen susu biasanya menambahkan bahan-bahan perasa seperti cokelat dan vanila.
PERBEDAAN
Berikut ini perbedaan-perbedaan antara susu kental manis dengan susu bubuk, antara lain :
  1. Susu kental manis umumnya dijual dalam kemasan kaleng. Sedangkan susuk bubuk tersedia dalam kemasan kotak kardus.
  2. Pembuatan susu kental manis dilakukan melalui proses evaporasi. Berbeda dengan susu bubuk yang dibuat melalui proses evaporasi, homogenisasi, dan pengeringan.
  3. Susu kental manis ditujukan hanya untuk campuran makanan dan minuman. Tidak disarankan memberikannya kepada bayi. Sementara itu, susu bubuk lebih aman diberikan kepada bayi asalkan sesuai.