5 Perbedaan Anggrek Hitam Kalimantan dan Papua

Indonesia mempunyai beragam jenis anggrek yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Satu yang paling terkenal adalah anggrek bulan yang sekaligus juga menjadi puspa pesona bagi bangsa Indonesia. Tapi tahukah Anda kalau anggrek khas yang dimiliki oleh negeri kita bukan hanya anggrek bulan saja? Banyak anggrek-anggrek lain yang mempunyai bentuk indah dan aroma wangi semerbak. Yang paling unik yaitu anggrek hitam dari Pulau Kalimantan dan Pulau Papua.
Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) adalah flora khas Pulau Kalimantan dan Pulau Papua. Bahkan anggrek hitam juga menjadi flora identitas dari Provinsi Kalimantan Timur. Sesuai namanya, anggrek hitam mempunyai warna hitam di kelopak bunganya. Hal ini tentu sangat unik karena biasanya bunga anggrek itu berwarna putih, kuning, atau ungu. Tetapi ada ciri khas yang membedakan antara anggrek hitam kalimantan dan anggrek hitam papua. Apakah itu?
Anggrek Hitam Kalimantan
perbedaan-anggrek-hitam-kalimantan.jpg
Anggrek hitam kalimantan mempunyai kelopak bunga berwarna hijau dengan bagian lidah bunga (labellum) yang berwarna hitam. Jadi bunga anggrek hitam kalimantan ini tidak murni berwarna hitam. Warna hitam hanya menghiasi bagian lidah bunganya saja, sedangkan bagian kelopak bunga berwarna hijau. Hal ini lantas membuat tampilannya terlihat unik dan berbeda dari bunga-bunga anggrek yang lain. Jika tertarik, Anda bisa membeli bibit bunga anggrek kalimantan di www.tokotanaman.com dengan harga yang terjangkau.
Anggrek Hitam Papua
perbedaan-anggrek-hitam-papua.jpg
Ini dia salah satu jenis tanaman anggrek yang paling unik di dunia. Anggrek hitam papua memiliki warna hitam pekat di seluruh kelopak bunganya. Warna lidah bunganya pun hitam. Hanya bagian putik bunganya saja yang kadang-kadang berwarna merah, ungu, atau putih. Perpaduan warna ini tentunya menghasilkan penampilan yang sangat indah dan elegan. Tapi sayangnya keberadaan anggrek hitam papua ini sudah langka. Hal ini dikarenakan banyaknya pemburu yang mengambil anggrek hitam papua langsung dari hutan. Tanaman ini juga cukup sulit dibudidayakan.
PERBEDAAN
Berikut ini perbedaan antara anggrek hitam kalimantan dan anggrek hitam papua, yaitu :
  1. Anggrek hitam papua mempunyai warna hitam di seluruh bagian bunganya. Berbeda dengan anggrek hitam kalimantan yang hanya lidah bunganya saja yang berwarna hitam, sedangkan kelopak bunganya berwarna hijau.
  2. Anggrek hitam kalimantan memiliki aroma yang sama seperti bunga anggrek pada umumnya. Hal ini berbeda dengan aroma anggrek papua yang lebih harum, semerbak, dan mempunyai nuansa yang unik.
  3. Menanam bibit anggrek hitam kalimantan itu mudah sebab tidak jauh berbeda dengan jenis-jenis tanaman anggrek yang lain. Sementara untuk menanam bibit anggrek papua, Anda membutuhkan keahlian tinggi karena tanaman ini sulit dipelihara.
  4. Berdasarkan faktor kelangkaannya, anggrek hitam papua lebih langka dibandingkan dengan anggrek hitam kalimantan. Bahkan anggrek hitam papua ini termasuk salah satu tanaman yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia.
  5. Faktor lain yang membedakan antara anggrek hitam kalimantan dan papua adalah harga bibit tanamannya. Anda bisa mendapatkan harga yang standar untuk anggrek hitam kalimantan. Tetapi harga anggrek hitam papua selangit hingga mencapai jutaan rupiah.