7 Perbedaan Mebel dari Kayu Jati dan Kayu Mahoni

Rumah kurang lengkap tanpa adanya mebel, perabotan, atau furniture di dalamnya. Mebel ini dapat mendukung kenyamanan hidup di dalam rumah tinggal. Berkat adanya mebel, kita bisa merasa lebih nyaman saat melakukan suatu kegiatan. Misalnya duduk lebih enak saat berada di atas kursi, tidur menjadi lebih hangat ketika berbaring di ranjang, menyimpan pakaian lebih aman di dalam lemari, dan sebagainya.
Di pasaran, terdapat berbagai produk mebel yang dibuat menggunakan bahan yang berbeda-beda. Ada mebel yang dibikin dari kayu, plastik, besi, dan lain-lain. Khusus untuk mebel kayu pun dapat dibedakan lagi menurut jenis kayu yang digunakan. Kayu jati tentu menjadi material kayu pembuat mebel yang berkualitas tinggi. Ada pula kayu mahoni yang mempunyai tampilan mirip seperti kayu jati, namun tetap berbeda.
perbedaan-mebel-kayu-jati.jpg
Mebel Kayu Jati
Kayu jati adalah kayu paling berkualitas yang berasal dari Indonesia. Berdasarkan tingkat mutu yang dimilikinya, kayu ini termasuk dalam kelas kayu I. Kayu jati merupakan kayu premium. Maka tak heran harganya pun mahal. Semakin tua usia kayu jati, harganya akan semakin tinggi. Kayu ini sangat awet, tahan lama, hingga ratusan tahun lamanya. Di dalamnya, terkandung minyak alami yang membuat kayu jati begitu diminati. Dibandingkan dengan kayu mahoni, kayu jati memiliki bobot yang lebih berat dan serat lebih besar.
Mebel Kayu Mahoni
Kayu mahoni juga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan mebel. Kayu ini memiliki karakteristik di antaranya tekstur permukaan yang halus, serat yang lembut, dan kuat. Mebel yang dibuat menggunakan kayu mahoni juga memiliki daya tahan yang lama. Oleh sebab itu, produk-produk mebel kayu mahoni sangat diminati di luar negeri khususnya. Hal ini karena harga mebel tersebut cukup murah dibandingkan kualitasnya. Mebel dari kayu mahoni biasa menggunakan finishing dari cat duco.
PERBEDAAN
Jadi apa perbedaan antara mebel kayu jati dan kayu mahoni?
  1. Soal kekuatan, kayu jati lebih kuat daripada kayu mahoni.
  2. Kayu jati memiliki ukuran serat yang lebih besar ketimbang kayu mahoni.
  3. Daripada kayu mahoni, kayu jati juga mempunyai bobot yang lebih berat.
  4. Begitu pula dengan ketahanan, kayu jati jauh lebih awet dibandingkan kayu mahoni.
  5. Sayangnya kayu mahoni lebih mudah terserang hama ketimbang kayu jati.
  6. Kayu mahoni sangat bagus diberikan finishing memakai cat duco.
  7. Kayu jati tanpa finishing pun sudah kelihatan menarik berkat adanya kandungan minyak di dalamnya.