Perbedaan antara Biji Polokyo Asli dan Palsu

Indonesia merupakan negeri dengan kekayaan alam yang luar biasa. Bukan hanya keindahan, lingkungan alami di Indonesia juga menyimpan tanaman-tanaman herbal dan rempah-rempah yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah polokyo. Polokyo merupakan tanaman herbal yang berasal dari Daratan China. Adapun bagian yang dimanfaatkan dari tanaman polokyo ini untuk bahan herbal ialah bijinya.
Biji polokyo disinyalir memiliki khasiat yang bagus untuk mendukung kesehatan tubuh kita. Bahkan biji ini pun dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Khasiat biji polokyo di antaranya :
  • Menjaga tingkat kestabilan tekanan darah
  • Menghancurkan lemak dan kolesterol
  • Membantu mematikan sel kanker
  • Melancarkan menstruasi
  • Mengobati ambeien
  • Menyembuhkan maag akut
  • Mengobati penyakit kista
  • Menyembuhkan stroke
  • Menghilangkan jerawat
  • Menghilangkan kesemutan
  • Menyembuhkan asam urat
  • Menetralisir kondisi di dalam tubuh
  • Melemahkan virus HIV/AIDS
  • Memulihkan sel-sel tubuh
perbedaan-biji-polokyo.jpg
Sayangnya biji polokyo ini rawan sekali mengalami pemalsuan. Bahkan di pasaran kini sudah banyak beredar produk biji polokyo palsu yang dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Tujuannya hanya satu yaitu semata-mata untuk meraup keuntungan pribadi. Sebagai konsumen, Anda tentu harus bersikap cerdas agar tidak tertipu dengan ulah nakal penjahat tersebut. Kenali ciri-ciri biji polokyo supaya Anda mampu membedakan mana yang palsu.
Berikut ini ciri-ciri biji polokyo, antara lain :
  1. Biji polokyo memiliki rupa menyerupai biji kacang tanah.
  2. Ukuran biji polokyo pun hampir sama seperti biji kacang tanah.
  3. Ada lapisan kulit cangkang di luar biji polokyo yang mudah dikelupas.
  4. Warna kulit cangkang biji polokyo adalah cokelat, kuning pucat, keemasan, atau hitam tergantung waktu pemanasan.
  5. Bagian inti biji polokyo mempunyai warna keputih-putihan.
PERBEDAAN
Anda dapat membedakan antara biji polokyo yang asli dan palsu asalkan mengetahui perbedaan-perbedaannya. Adapun perbedaan biji polokyo asli dan biji polokyo palsu yaitu :
Perbedaan 1. Fisik
Perhatikan baik-baik rupa fisik dari biji polokyo yang hendak Anda beli. Biji polokyo memiliki bentuk dan ukuran yang mirip seperti biji kacang tanah. Ada lapisan kulit cangkang yang berwarna cokelat, kuning pucat, keemasan, atau hitam. Lapisan cangkang ini harus Anda buka terlebih dahulu kalau ingin mengonsumsinya. Setelah berhasil dibuka, tampak adanya inti biji polokyo yang berwarna keputih-putihan.
Perbedaan 2. Aroma
Oknum penjual yang nakal biasanya memalsukan biji polokyo dengan biji tanaman lain yang bentuk dan ukurannya mirip seperti biji polokyo. Tetapi untuk aroma biji ini hampir tidak bisa dipalsukan karena biji polokyo mempunyai aroma yang begitu khas. Aromanya mirip sekali dengan ramuan herbal. Dominasi aroma pahit tercium begitu kuat. Anda bisa lebih mengenali apabila menumbuk biji ini terlebih dahulu dan menghirup aromanya.
Perbedaan 3. Efek Samping
Biji polokyo dapat menimbulkan efek samping yaitu BAB (Buang Air Besar) secara berlebihan. Efek samping ini akan langsung dirasakan sesaat setelah Anda mengonsumsinya. Perut Anda tiba-tiba menjadi terasa sakit sehingga memaksa Anda untuk pergi ke toilet. Tapi tenang kondisi ini tidak berlangsung lama, hanya sekitar 3-4 jam setelah itu berhenti. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mengonsumsi biji polokyo pada saat hari libur agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Hindari juga meminumnya di malam hari karena dapat mengganggu waktu tidur Anda.