Ini Perbedaan antara Kapas dengan Kapuk

Kapas dan kapuk sama-sama biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan serat alami. Tak jarang kedua bahan ini juga dipakai untuk mengisi bantal, guling, dan kasur. Tetapi apakah Anda sudah mengetahuinya kalau kapas dengan kapuk itu berbeda? Di masyarakat kita, kapas biasanya disebut sebagai kapuk kapas. Sedangkan kapuk sendiri sering dinamakan kapuk randu. Marilah kita ketahui lebih lanjut tentang kedua tanaman penghasil serat alami ini.
KAPAS
perbedaan-kapas-dan-kapuk.jpg
Kapas (Gossypium hirstum) adalah tanaman penghasil serat alami. Serat kapas dihasilkan oleh buahnya, terutama di bagian rambut biji. Setiap biji tersebut menghasilkan serat kapas yang jumlahnya banyak sekali. Perlu Anda ketahui, serat kapas merupakan bahan baku utama pembuatan kain katun. Karena sebagian besar tersusun atas selulosa, maka sifat kapas pada dasarnya sama dengan sifat kimia selulosa. Umumnya serat kapas tahan terhadap kondisi penyimpanan, pengolahan, dan pemakaian yang normal. Serat ini akan menjadi rusak apabila terkena zat pengoksidasi atau penghidrolisa.
Beberapa sifat fisika dari serap kapas antara lain :
  1. Serat kapas umumnya berwarna putih krem. Mikroorganisme dapat menyebabkan warnanya menjadi suram. Sedangkan pada kondisi cuaca yang buruk, serat kapas akan berwarna sangat gelap yakni abu-abu kebiruan. Jika pertumbuhannya terhenti, serat kapas menjadi berwarna kekuning-kuningan.
  2. Kekuatan serat kapas dipengaruhi oleh kadar selulosa yang terkandung di dalamnya. Rata-rata kekuatan serat kapas per bundel adalah 96.700 pon/inci. Dalam keadaan basah, kekuatan serat kapas justru akan semakin bertambah.
  3. Dibandingkan dengan serat-serat alami lainnya, sifat mulur saat putus pada serat kapas tergolong tinggi. Hanya sutera dan wol yang mempunyai sifat mulur lebih tinggi daripada kapas. Adapun mulur serat kapas yaitu 4-13 persen tergantung jenisnya dengan mulur rata-rata 7 persen.
  4. Serat kapas memiliki afinitas yang besar terhadap air. Air dapat memberikan pengaruh yang nyata pada sifat-sifat serat kapas. Serat kapas yang kering bersifat kasar, rapuh, dan rendah kekuatannya. Sedangkan moisture regain-nya dipengaruhi kelembaban atmosfer relatif di sekelilingnya. Pada kondisi standar, moisture regain serat kapas berkisar 7-8,5 persen.
KAPUK
perbedaan-kapuk-dan-kapas.jpg
Kapuk (Ceiba pentadra) adalah tanaman tropis yang termasuk di dalam famili Malvaceae di dalam ordo Malvales. Serat kapuk dihasilkan dari bijinya. Pohon kapuk bisa tumbuh hingga tingginya mencapai 60-70 cm dengan diameter maksimal hingga 3 m. Kapuk merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Karibia. Khusus untuk kapuk dari varietas C. Pentandra var. guineensis berasal dari Benua Afrika. Di Jawa khususnya, pohon kapuk juga dikenal dengan sebutan pohon randu.
PERBEDAAN
Di bawah ini perbedaan-perbedaan antara kapas dan kapuk, yaitu :
  1. Kapas dan kapuk adalah dua tanaman yang berbeda. Dalam klasifikasi ilmiah, kapas disebut Gossypium sedangkan kapuk disebut Ceiba.
  2. Kegunaan kapas yang paling utama adalah bahan baku pembuatan benang dan kain katun. Sedangkan kapuk biasanya dipakai sebagai bahan pengisi kasur, bantal, dan guling.
  3. Antara kapas dengan kapuk memiliki banyak perbedaan sifat dan karakteristik pada serat yang dihasilkannya.

0 Response to "Ini Perbedaan antara Kapas dengan Kapuk"

Posting Komentar