Perbedaan Bunga Sakura, Bunga Plum, dan Bunga Persik

Kalau pergi berwisata ke Jepang, salah satu tujuan Anda pasti ingin melihat bunga sakura kan? Bunga sakura memang indah sekali. Bahkan kabar tentang keindahan bunga sakura ini sudah menyebar luas ke seluruh penjuru dunia. Tapi tahukah Anda jika di Jepang juga ada bunga yang memiliki rupa mirip sekali dengan bunga sakura? Tidak hanya satu, setidaknya ada dua jenis bunga yang mempunyai banyak kemiripan dengan bunga sakura.
Ialah bunga plum dan bunga sakura, dua jenis bunga yang memiliki wujud mirip seperti bunga sakura. Waktu mekar kedua jenis bunga ini juga berdekatan dengan bunga sakura. Biasanya bunga plum akan mekar terlebih dahulu yang diikuti dengan mekarnya bunga persik. Setelah itu, barulah bunga sakura akan mekar di awal bulan April sampai akhir bulan Mei. Anda tidak boleh ketinggalan menikmati keindahan bunga-bunga yang fenomenal ini.
Bunga Sakura
perbedaan-bunga-sakura.jpg
Bunga sakura menjadi salah satu tujuan utama para turis untuk datang pergi ke Jepang. Anda juga mungkin memiliki keinginan yang sama? Bunga ini sendiri akan mekar pada musim semi yaitu awal bulan April sampai dengan akhir bulan Mei. Biasanya bunga sakura yang tumbuh di Jepang bagian selatan akan mekar terlebih dahulu. Bunga sakura mempunyai kelopak yang panjang dan belahan kecil di ujung kelopaknya. Beberapa kuntum bunga bisa muncul sekaligus di dalam satu tangkai sehingga menyerupai buket. Saking banyaknya jumlah bunga yang tumbuh bahkan seluruh ranting pohon sakura bisa diselimuti oleh bunga yang berwarna pink.
Bunga Plum
perbedaan-bunga-plum.JPG
Bunga plum biasanya akan mekar lebih cepat dibandingkan dengan bunga sakura yakni pada bulan Januari. Selain pink, bunga ini juga ada yang berwarna pink muda, pink gelap, ungu kemerahan, dan putih. Kemunculan bunga plum merupakan salah satu tanda musim semi akan tiba di Jepang. Bunga plum tumbuh di atas ranting. Kelopak bunganya berbentuk membulat. Setiap ranting tanaman hanya mampu menumbuhkan satu bunga plum saja.
Bunga Persik
perbedaan-bunga-persik.jpg
Bunga persik akan mekar sekitar akhir bulan Februari hingga awal bulan Maret. Kelopak bunganya berbentuk lancip. Bunga-bunganya tumbuh di atas ranting yang pendek. Dibandingkan dengan warna bunga sakura dan bunga plum, warna bunga persik ini lebih terang. Di Jepang terdapat festival bunga persik (momo no sekku) yang diperingati bersamaan dengan festival boneka (hinamatsuri).
PERBEDAAN
Adapun perbedaan antara bunga sakura, bunga plum, dan bunga persik antara lain :
  1. Waktu mekar ketiga bunga ini berbeda. Bunga plum mekar pada bulan Januari. Bunga persik mekar sekitar akhir bulan Februari sampai awal bulan Maret. Sedangkan bunga sakura akan mekar pada awal bulan April hingga akhir bulan Mei.
  2. Bunga persik tumbuh di setiap ketiak daun. Sedangkan bunga plum dan bunga sakura tumbuh di ujung ranting. Namun bedanya adalah setiap ranting pohon plum hanya bisa menumbuhkan satu bunga saja. Berbeda dengan ranting pohon sakura yang mampu menumbuhkan beberapa bunga sekaligus.
  3. Jika diperhatikan dengan baik, bentuk kelopak bunga ketiganya juga berbeda. Kelopak bunga plum berbentuk bulat di ujungnya. Sebaliknya kelopak bunga persik berbentuk lancip di bagian ujung. Sementara itu, bunga sakura mempunyai belahan kecil di bagian ujung kelopaknya.


0 Response to "Perbedaan Bunga Sakura, Bunga Plum, dan Bunga Persik"

Posting Komentar