3 Perbedaan Kupu-kupu dan Ngengat

Cara termudah untuk memahami perbedaan antara kupu-kupu dan ngengat adalah melalui antena yang dimilikinya. Antena kupu-kupu berukuran panjang dan berbentuk melingkar di bagian pucuknya. Sedangkan antena ngengat berbulu dan bergerigi.

perbedaan-kupu-kupu-dan-ngengat.jpg

Kupu-kupu dan ngengat mempunyai banyak kesamaan, terutama pada sisik yang menutupi tubuh dan sayapnya. Sisik ini sebenarnya merupakan bulu-bulu halus. Kupu-kupu dan ngengat juga sama-sama masuk ke dalam ordo Lepidoptera.

Di bawah ini merupakan perbedaan-perbedaan yang terdapat pada kupu-kupu dan ngengat :

Sayap

Kupu-kupu biasanya cenderung melipat sayapnya secara vertikal ke atas punggungnya. Sayap kupu-kupu juga lebih berwarna dan menarik dibandingkan dengan sayap ngengat yang biasanya membosankan. Ngengat juga masih membuka sayapnya ketika hinggap di suatu tempat.

Anatomi

Ngengat memiliki frenulum yang berfungsi sebagai "kopling" sayap. Sementara itu, kupu-kupu tidak memilikinya. Frenulum menggabungkan sayap bagian belakang sehingga bisa bekerjasama selama proses terbang.

Tingkah Laku

Secara umum, kupu-kupu merupakan binatang primary diurnal/beraktivitas di siang hari. Sedangkan ngengat merupakan binatang nokturnal, terbang di malam hari. Namun ada juga ngengat yang diurnal dan ada pula kupu-kupu yang suka terbang saat fajar dan senja.

Kepompong/Chrysalis

Kepompong adalah penutup pelindung pupa. Sedangkan pupa sendiri adalah bentuk peralihan antara larva dengan dewasa. Ngengat biasanya membuat kepompong yang terbuat dari sutera. Sedangkan bentuk kepompong kupu-kupu lebih halus, rumit, dan tidak memiliki penutup sutera.

Penemuan spesies baru kupu-kupu dan ngengat oleh ilmuwan membuat keduanya semakin sulit dibedakan. Beberapa ngengat mungkin akan terlihat seperti kupu-kupu contohnya uraina leilus yang memiliki sayap berwarna-warni dari Peru.

Beberapa fakta menarik dari kupu-kupu dan ngengat, antara lain :

  • Tahukah anda, bahwa spesies ngengat lebih banyak daripada kupu-kupu? Jumlah spesies kupu-kupu hanya 6% - 11% dari ordo Lepidoptera, sedangkan spesies ngengat mendominasi 89% - 94% nya.
  • Tidak benar jika Anda menyentuh sayap kupu-kupu hingga menggoreskan bubuknya akan membuat kupu-kupu tidak bisa terbang.
  • Kupu-kupu dan ngengat menjalani metamorfosis secara sempurna dari telur, larva, kepompong, dan dewasa.
  • Kupu-kupu terbesar di dunia ditemukan di Papua Nugini yang memiliki ukuran sayap 11 inci.
  • Kupu-kupu terkecil di dunia ditemukan di kawasan Amerika Utara dan Afrika yang berukuran 1/4 - 1/2 inci.
  • Ngengat terbesar berasal dari spesies atlas (saturniidae) dengan ukuran sayap mencapai 12 inci.
  • Sedangkan untuk ukuran sayap terkecil berasal dari keluarga ngengat pygmy (nepticulidae) dengan ukuran 3/32 inci.