Ini Perbedaan Tepung Terigu dan Tepung Gandum

Apa perbedaan tepung terigu dan tepung gandum? Hayo, siapa di antara kalian yang suka makan gorengan, roti, mie, ataupun kue? Pastinya semua orang mudah tergiur dengan makanan-makanan yang lezat ini ya. Ngomong-ngomong, sudah pada tahu belum nih apa bahan dasar untuk membuat kudapan-kudapan di atas? Tepat sekali, tak lain adalah tepung terigu dan tepung gandum.

Tahukah kamu, tepung terigu dan tepung gandum sebenarnya adalah dua jenis tepung yang berbeda. Anggapan bahwa kedua tepung ini sama karena baik tepung terigu dan tepung gandum sama-sama terbuat dari bahan biji gandum. Bentuk tanaman gandum sendiri sekilas mirip seperti tanaman padi, namun kandungan serat di dalamnya jauh lebih tinggi.

perbedaan-tepung-terigu-dan-tepung-gandum.jpg

Tanaman Gandum

Lantas, apa sih bedanya tepung terigu dan tepung gandum?

Tepung Terigu

Tepung terigu adalah tepung yang terbuat dari biji gandum murni. Disebut murni, karena bagian biji yang diambil adalah dagingnya saja dan sudah bebas dari kulit ari maupun bagian inti gandum. Hal inilah yang menyebabkan tepung terigu terlihat berwarna putih bersih.

Lihat Juga : Apa Perbedaan Buah Lemon dan Jeruk Nipis?

Tepung terigu memiliki tingkat elastisitas yang lebih kenyal. Jika disentuh, teksturnya pun terasa lebih halus. Oleh karena itu, tepung terigu ini paling baik digunakan untuk bahan baku pembuatan roti, mie, dan kue.

Tepung Gandum

Tepung gandum adalah tepung yang terbuat dari biji gandum utuh. Tak hanya bagian daging biji/bran saja yang digiling, tetapi juga bagian kulit ari/endosperm dan bagian inti bijinya/germ. Itu sebabnya, tepung gandum mengandung nutrisi yang lebih banyak ketimbang tepung terigu. Adapun warna tepung gandum ini tampak putih kecokelat-cokelatan.

Tekstur tepung gandum terasa lebih kasar jika dibandingkan dengan tepung terigu. Namun jangan salah, justru hal ini yang membuat tepung gandum mempunyai serat yang tinggi. Tepung gandum paling bagus dikonsumsi ketika sedang menjalankan program diet sebagai pengganti nasi. Hal ini dikarenakan tepung gandum lebih lama bertahan di dalam tubuh, sehingga membuat kita lebih berenergi dan tidak mudah lapar.