5 Perbedaan Gitar dan Ukulele yang Menarik

Apakah perbedaan antara gitar dan ukulele? Dari sekian banyak alat musik, gitar merupakan salah satu alat musik yang paling populer di dunia. Alasannya karena gitar relatif mudah dipelajari dan fleksibel untuk mengiringi berbagai jenis aliran lagu. Namun tahukah anda kalau selain gitar ada juga alat musik berbasis petik yang cukup terkenal yaitu ukulele. Sepintas ukulele tampak seperti gitar yang berukuran kecil ya.

Sebelum menelisik perbedaan-perbedaan dari gitar dan ukulele, yuk kita pelajari dulu apa itu gitar dan ukulele!

Gitar

perbedaan-gitar-dan-ukulele.jpg

Gitar

Gitar adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik pada dawainya. Gitar bersenar nilon dipetik menggunakan jemari, sedangkan gitar yang memiliki senar baja dipetik memakai plektrum. Gitar terdiri dari bagian tubuh pokok yang membulat, bagian leher yang panjang, dan senar sebanyak enam buah. Ada dua jenis gitar saat ini yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Gitar dapat digunakan untuk mengiringi hampir semua aliran lagu termasuk pop, rock, country, jazz, blues, metal, dan reggae.

Ukulele

gambar-ukulele.jpg

Ukulele

Ukulele adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik senarnya. Berbeda dengan gitar, ukulele memiliki ukuran yang kecil sekitar 20 inci. Jumlah senarnya pun hanya sebatas empat buah saja. Permainan ukulele biasanya digunakan untuk mengiringi musik berjenis keroncong, reggae, dan hawaian.

Perbedaan Gitar dan Ukulele

Dan berikut ini merupakan perbedaan-perbedaan antara gitar dan ukulele, yaitu :

  1. Gitar berukuran lebih besar dibandingkan dengan ukulele.
  2. Gitar memiliki senar sebanyak 6 buah, sedangkan senar ukulele berjumlah 4 buah.
  3. Stema senar gitar dari pertama sampai keempat adalah E, B, G, D. Sementara setema senar ukulele dari pertama hingga keempat ialah A, E, C, G.
  4. Walaupun sama-sama dimainkan dengan konsep trinada, tetapi kunci gitar dan ukulele benar-benar berbeda.
  5. Senar gitar terbuat dari nilon dan baja, namun senar ukulele berbahan plastik nilon.
  6. Gitar bisa digunakan untuk mengiringi hampir semua aliran musik, sedangkan penggunaan ukulele untuk mengiringi lagu sangat terbatas.