Berikut Perbedaan antara Kalor dan Panas

Apakah perbedaan antara kalor dan panas? Istilah kalor dengan panas biasanya dipelajari dalam ilmu pengetahuan fisika. Pengertian kalor menurut KBBI adalah tenaga panas yang dapat diteruskan ataupun diterima oleh satu benda ke benda lain secara hantaran (konduksi), penyinaran (radiasi), atau aliran (konveksi). Sedangkan panas merupakan sinonim dari kata hangat sekali.

perbedaan-kalor-dan-panas.jpg

Ilustrasi

Kalor

Kalor adalah energi yang diterima atau dilepaskan oleh suatu benda. Kalor pertamakali diperkenalkan oleh seorang ilmuwan berkebangsaan Perancis yang bernama Antonnie laurent lavoiser. Kapasitas suatu kalor dinyatakan dalam simbol kalori (kal) dan kilokalori (kkal), di mana 1 kkal sama dengan 1.000 kalori. 1 kalori ialah banyaknya panas yang dibutuhkan untuk memanaskan 1 gram air sehingga suhunya naik 1 derajat celcius.

Berikut ini teori-teori yang dikemukakan oleh para ahli tentang kalor, antara lain :

  1. Teori asas black oleh Joseph Black dari Inggris menyimpulkan bahwa jumlah kalor yang diterima oleh suatu benda sama dengan jumlah kalor yang dilepaskannya.
  2. Teori oleh Benjamin Thompson dari Amerika Serikat menyebutkan penyebab timbulnya kalor karena adanya suatu gesekan.
  3. Teori oleh Robert Mayer dari Jerman mengatakan kalor adalah salah satu bentuk energi.
  4. Teori oleh James Prescott Joule dari Inggris berbunyi kesetaraan antara satuan kalor dan satuan energi dinamakan kalor mekanik.

Panas

Pengertian panas ialah energi yang berpindah akibat dari perbedaan suhu. Karakteristik panas yaitu bergerak dari tempat bersuhu tinggi ke tempat bersuhu rendah. Satuan panas disimbolkan dengan joule (J).

Tahukah Anda, semua benda mempunyai energi dalam yang berhubungan dengan gerak atom atau molekul penyusunnya secara acak. Energi dalam ini berpengaruh langsung terhadap suhu suatu benda. Ketika dua buah benda bersentuhan maka akan saling bertukar energi dalam sampai suhu yang dimiliki oleh keduanya sama persis.

Kesimpulan

Dari uraian singkat di atas, dapat ditarik suatu kesimpulan yaitu perbedaan antara kalor dan panas sebagai berikut :

  1. Kalor merupakan salah satu bentuk energi, dan panas ialah energi yang berpindah.
  2. Kalor timbul karena gesekan, sedangkan panas terjadi karena perbedaan suhu.
  3. Satuan kalor dinyatakan dengan kalori, sementara satuan panas disimbolkan dengan joule.
  4. 1 kalori (kal) sama dengan 4,2 joule (J).