5 Perbedaan Menarik Amerika Serikat dan Kanada

Amerika Serikat dan Kanada sama-sama terletak di Kawasan Amerika Utara. Kedua negara ini juga sama-sama dikenal sebagai negara yang paling maju di dunia. Posisinya yang bertetangga yakni Kanada berada di sebelah utara Amerika Serikat membuat kebudayaan kedua negara tersebut pun sangat mirip. Mayoritas penduduk Amerika Serikat dan Kanada juga sama-sama orang berkulit putih. Tetapi kenyataannya ada perbedaan yang besar antara kedua negara ini.
Amerika Serikat (United States of America)
Amerika Serikat adalah negara republik konstitusional federal. Negara ini memiliki 50 negara bagian dan 1 distrik federal. Wilayah Amerika Serikat berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik di sebelah barat dan timur. Lalu ada Kanada di sebelah utara dan Meksiko di sebelah selatan. Amerika Serikat tercatat sebagai negara dengan wilayah yang terluas ketiga atau keempat di dunia. Sedangkan jumlah penduduk di Amerika Serikat adalah yang ketiga terbesar di dunia.
Kanada (Dominion of Canada)
Kanada adalah negara federasi yang terletak di Kawasan Amerika Utara yang paling utara. Negara ini mempunyai 10 provinsi dan 3 teritori. Pemerintahannya berbentuk monarki konstitusional dengan sistem desentralisasi. Kanada merupakan negara yang paling luas di Kawasan Amerika Utara. Luas wilayahnya mencapai 9.970.610 km2. Kanada termasuk sebagai negara yang maju. Perekonomiannya sangat tergantung pada ketersediaan hasil alam yang melimpah ruah.
amerika-serikat-dan-kanada.jpg
Antara Amerika Serikat dan Kanada mempunyai perbedaan-perbedaan yang menarik sekali, antara lain :
  1. Kanada Lebih Luas, Tetapi Penduduk Amerika Serikat Lebih Banyak
Kanada tercatat sebagai negara yang paling luas kedua di dunia berdasarkan wilayah yang dimilikinya. Kanada mempunyai wilayah seluas 9.970.610 km2 dan penduduk sebanyak 35 juta jiwa. Sedangkan luas wilayah Amerika Serikat adalah 9.525.067 dengan jumlah penduduk mencapai 325 juta jiwa.
  1. Penderita Obesitas di Amerika Serikat Lebih Tinggi daripada Kanada
Amerika Serikat dan Kanada dihuni oleh mayoritas orang dari ras berkulit putih yang terkenal mempunyai postur tubuh yang tinggi dan besar. Tetapi faktanya ada banyak warga Amerika Serikat yang mengidap penyakit obesitas hingga mencapai 36%. Sementara kasus obesitas di Kanada menjangkiti 29% warganya.
  1. Penduduk Amerika Serikat Lebih Religius ketimbang Penduduk Kanada
Baik Negara Amerika Serikat maupun Negara Kanada sama-sama tidak mempunyai agama yang resmi. Bahkan kedua negara ini tidak melarang orang tanpa agama untuk tinggal. Namun faktanya penduduk Amerika Serikat lebih religius daripada penduduk Kanada dihitung berdasarkan jumlah orang yang beragama.
  1. Kanada Jauh Lebih Bebas daripada Amerika Serikat
Kebanyakan orang menganggap kalau Amerika Serikat adalah negara paling bebas di dunia. Tetapi Kanada justru lebih bebas daripada Amerika Serikat. Kanada bahkan menjadi salah satu negara yang paling liberal saat ini. Kanada juga memegang peringkat kedua sebagai negara paling toleran di dunia. Namun soal kebebasan berpendapat dan berbicara di muka umum, Amerika Serikat lebih bebas daripada Kanada.
  1. Kanada Lebih Maju Dibandingkan dengan Amerika Serikat
Fakta menarik yang terakhir adalah Kanada ternyata lebih maju dibandingkan dengan Amerika Serikat loh. Hal ini diukur berdasarkan pembangunan manusia, kualitas hidup, dan tingkat kriminalitasnya. Kini Kanada termasuk salah satu negara yang mempunyai kualitas hidup terbaik di dunia dengan tingkat kriminalitas yang sangat rendah. Tetapi Amerika Serikat lebih maju pada militernya.