Ini Dia Perbedaan Ikan Nila Jantan dan Betina

Apakah perbedaan antara ikan nila jantan dengan ikan nila betina? Ikan nila merupakan ikan air tawar yang biasanya dibudidayakan untuk keperluan konsumsi. Ikan ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Harga ikan nila di pasaran bisa mencapai Rp 30-50 ribu/kg. Ikan ini begitu disukai karena memiliki rasa yang gurih, lembut, dan agak kenyal.

Pada umumnya, ikan ini mempunyai ciri-ciri antara lain badannya berbentuk memipih ke samping dengan garis-garis vertikal sebanyak 9-11 buah di sekujur tubuh serta garis-garis merah berjumlah 6-12 buah pada bagian sirip ekornya. Sedangkan pada bagian sirip punggungnya juga terdapat garis-garis yang bentuknya miring. Mata ikan nila juga tampak menonjol keluar, berukuran cukup besar, dan berwarna putih.

Dalam membudidayakan ikan nila, kita harus melalui proses pemijahan terlebih dahulu yang bertujuan untuk mengawinkan ikan nila jantan dengan si betinanya. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan akan perbedaan jenis kelamin ikan tersebut supaya Anda bisa memilih dan menyeleksi ikan secara benar.

ikan-nila-jantan-betina.jpg

Lantas, apa sih bedanya ikan nila jantan dan betina?

Ikan Nila Jantan

Ikan nila jantan mempunyai dagu yang berwarna merah kehitam-hitaman. Sirip pada bagian dadanya memiliki warna cokelat. Sementara itu, bentuk perutnya cukup pipih dan berwarna kehitam-hitaman. Jika perut ini ditekan secara perlahan-lahan, maka akan mengeluarkan cairan berwarna keputih-putihan yang merupakan sel sperma. Alat kelamin ikan nila jantan berbentuk runcing. Pada bagian bawah tubuhnya terdapat dua buah lubang yaitu anus dan urogenital.

Ikan Nila Betina

Ikan nila betina memiliki dagu yang berkelir keputih-putihan dengan sirip dada yang berwarna kehitam-hitaman. Bagian perutnya juga berwarna putih dan berbentuk pipih agak membulat. Apabila perut tersebut ditekan, maka tidak akan keluar cairan apapun. Alat kelamin ikan nila betina ini berbentuk menyerupai bulan sabit. Ikan ini mempunyai tiga buah lubang pada bagian bawah tubuhnya yakni anus, genital, dan urine alam.

Perbedaan

Jadi apakah perbedaan antara ikan nila jantan dan betina itu?

  1. Ikan nila jantan memiliki dagu berwarna merah atau hitam, sedangkan dagu ikan nila betina berwarna putih.
  2. Warna sirip dada ikan nila jantan yaitu cokelat, sementara pada ikan betina adalah kehitaman.
  3. Ikan nila jantan mempunyai perut yang berbentuk memipih dan berwarna kehitaman. Tetapi ikan nila betina memiliki perut yang berbentuk pipih membulat dan berwarna putih.
  4. Jika ditekan secara perlahan-lahan, perut ikan nila jantan akan mengeluarkan cairan, namun ikan nila betina tidak akan mengeluarkan cairan.
  5. Alat kelamin ikan nila jantan berbentuk runcing dan ikan nila betina berbentuk bulan sabit.
  6. Ikan nila jantan memiliki dua buah lubang yaitu anus dan urogenital. Berbeda dengan ikan nila betina yang mempunyai tiga buah lubang yakni anus, genital, dan urine alam.